Auni Rachman
Tugas SoftSkill
1.
Definisi
Web Sience
Web Science
merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan
science.
Website atau situs diartikan
sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam
atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik
yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu
yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi
kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri
merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang
mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu
segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari
sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju
ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga
memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
2.
Sejarah
Singkat Web
Website
pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991
website terhubung dengan jaringan.Ttujuan dari dibuatnya website pada saat itu
yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama
peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu
masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara
terminologi.
Website
dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30
april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh
semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik
karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.
Website
dibagi menjadi 3 golongan :
1.
Website Statis
2.
Website Dinamis
3.
Website Interaktif
Website Statis
adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan
perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang
menjadi struktur dari website tersebut.
Website
Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update
sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya,
juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh
umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya
terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website
Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu
contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa
berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.
Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang
diperbincangkan tidak keluar jalur.
Manfaat Dengan Website
1.
Jarak tidak menjadi
masalah Dapat langsung berhubungan secara langsung tanpa mengenal batas
propinsi, kota, desa atau negara
2.
Dapat mengirim pesan
sehingga suatu saat di update dapat melihat.
3.
Merupakan sarana bisnis
yang cepat dan tertarget.
4.
Semua orang akan mengenal
bisnis dan profil kita.
5.
Membuka diri dengan dunia
6.
Mengenalkan Daerah,
Sekolah, Perusahaan atau Usaha kita.
Pre-web adalah era dimana prototype
seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi
menjadi internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama
kalinya ke publik sampai saat ini.
- The Memex (Memory Index)
The
memex (sebuah singkatan dari "memori" dan "index") adalah
nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun
1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We May Think "(AWMT).
Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan
menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis
sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas."
The memex akan memberikan "suplemen intim yang diperbesar ke memori
seseorang". Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem
(akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan
personal software.
- HyperText
Hypertext
adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web,
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan
formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar
dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas
yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format
ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula
dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan
percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language),
HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman
web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
- Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem
global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar
Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang
berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran
paket (packet switching communication protocol). Rangkaian jaringan internet
yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah
ini dinamakan Internetworking.
- Usenet
Singkatan
dari user network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh
internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan
dikembangkan pada Duke University dan North Carolia University
setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks
(text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET
telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam
jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
- FTP(File Transfer Protocol)
FTP
merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih
digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan
penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah
FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service
atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons
perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan
untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII,
menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server
FTP.
- Gopher
Gopher
adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World
Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Gopher
adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internetpada berbagai server gopher.
Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi
perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan
kembali.
Situs Gopher
adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi
yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk
mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Pojok Pedia
Layanan ini menggunakan FTP untuk
pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher
yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas
yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di
seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer
lain.
Gopher menyediakan akses ke dokumen teks, Grafik dan
suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen, yang harus
didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program
lain.
Gopher juga
memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti
Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh.
Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu
mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri
merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat
mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan
otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan
hirarki.
- Web 1.0
Web 1.0
secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang
sedikit interaktif. Sifat dari web 1.0 adalah read. Ciri-ciri umum
yang mencolok yaitu consult, surf dan search. Jadi web 1.0 hanya digunakan
untuk browsing atau mencari informasi tertentu.
Beberapa ciri khas dari web 1.0 antara lain :
1.
Halaman statis
2.
Penggunaan
framesets
3.
Online
Guestbook
4.
GIF tombol
Berbagai
Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat
dikategorikan ke dalam jenis ini.
- Web 2.0
Web 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun
2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan
sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah:
Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih
banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti
jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”)
merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para
pengguna Web.
Pada umumnya, Website yang dibangun dengan menggunakan
teknologi Web 2.0 memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
- CSS (Cascading Style Sheets)
- Aplikasi Rich Internet atau berbasis Ajax
- Markup XHTML
- Sindikasi dan agregasi data menggunakan RSS/Atom
- URL yang valid
- Folksonomies
- Aplikasi wiki pada sebagian atau seluruh Website
- XML Web-Service API
- Web 3.0
Walaupun
masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap
berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi
untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile
sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online.
Berdasarkan
definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki
tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya
diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di
dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat
lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak
akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang
lebih mudah.
Mungkin ini beberapa referensi ciri khas dari web 3.0
- Transformation dari tmp penyimpanan yang bersifat terpisah pisah menjadi satu.
- Ubiquitous connectivity, memungkinkan info diakses di berbagai media.
- Network computing, software-as-a-service business
models, Web services interoperability, distributed computing, grid computing
and
cloud computing; - Open technologies, sebagian besar semuanya berjalan dalam platform open source / free.
- Open identity, OpenID, seluruh info adalah bebas dan sebebas – bebasnya.
- The intelligent web, Semantic Web technologies
such as RDF, OWL, SWRL, SPARQL, GRDDL, semantic application platforms, and
statement-
based datastores; - Distributed databases, database terdistribusi dalam WWD ( World Wide Database ).
- Intelligent applications.
Pertumbuhan social pada era
globalisasi kini berkembang begitu cepat, terutama di Negara Indonesia, banyak
sekali anak muda saat ini lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi baik dalam
bidang social untuk berkomunikasi secara individu atau berkelompok.dibandingkan
dengan dulu , orang-orang lebih memanfaatkan surat pos untuk mengirim dengan
rekan-rekannya.Namun hal ini dapat berdampak buruk bagi kalangan yang kurang
terpenuhi kebutuhannya baik itu dalam bidang pendidikan maupun
material,Sekarang pertumbuhan ekonomi pun kian menaik begitu cepat, semenjak
era globalisasi ini orang-orang lebih mementingkan kebutuhan hidupnya dengan
barang-barang teknologi yang begitu canggih dan mampu menjawab setiap kebutuhan
baik itu tuntutan bidang pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis dikalangan
manapun.
Hal inilah dampak dari era globalisasi
, kebudayaan tradisional semakin menurun, dan modernisasi menjadi semakin
meningkat, namun upaya kita adalah bagaimana caranya menggabungkan keduanya itu
supaya bermanfaat bagi kalangan manapun yang membutuhkannya.
Web Science juga berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.
Proses dari web science sendiri terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Setelah ide terealisasi, tentunya teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro yang pada akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses terciptanya sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet (Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan timbulnya masalah atau issues baru.
Metolodogi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Sumber :
- http://andrew-jonathan.blogspot.co.id/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html
- http://ilfen.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah-web-10_16.html
- http://safemode.web.id/artikel/teknologi/pengertian-web-science
- http://muhammadyusuf-gunadarma.blogspot.com/2013/03/apa-itu-preweb-memex-usenet-gopher-ftp.html
- http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20111108211243AAQQOY0
- http://andrer17.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologi-web-science.html
- http://komunikasi.us/index.php/course/1787-sejarah-singkat-web-dan-keseluruhan
- http://yagata.web.id/?p=210
- http://daniaprilly.blogspot.co.id/2016/03/web-science-tugas-1-pengantar-web.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar