Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan
Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media
merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi
waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut
sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer,
atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak.
Komponen Dan
Karakteristik New Media
Komponen dari new media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat, penyalur dan pemakai dari new media itu sendiri. dan adapun karakteristik dari New Media antara lain :
1. Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2. Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
3. Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
4. Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi (individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5. Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.
Komponen dari new media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat, penyalur dan pemakai dari new media itu sendiri. dan adapun karakteristik dari New Media antara lain :
1. Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2. Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
3. Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
4. Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi (individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5. Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.
Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari
media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk
digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan
lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif
juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah
dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya
perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang
memanfaatkannya.
Manfaat New Media
Dari penjelasan New Media diatas maka dapat
diketahui New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
·
Arus informasi yang dapat dengan mudah dan
cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
·
Sebagai Media transaksi jual beli
·
Sebagai media hiburan contohnya game online,
jejaring social, streaming video, dll
·
Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita
dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap
muka dengan video conference.
·
Sarana pendidikan dengan adanya buku digital
yang mudah dan praktis
Dampak Buruk
·
Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan
pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan
tertentu.
·
Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi
juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
·
Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat
bermain game online atau jejaring social.
Aplikasi New Media
GOOGLE
Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan
di Dunia yang mampu mencari berbagai macam informasi ini di berbagai belahan
dunia ini memang digemari banyak kalangan. Mesin pencari yang ditemukan Larry
dan Sergey ini juga salah satu mesin pencari yang memiliki penghasilan terbesar
disbanding mesin pencari yang lain. Namun dibalik itu semua ada sisi positif
dan negative dari google
Sisi positif:
·
Kemudahan akses kapanpun
dan dimanapun
·
Index hasil pencarian
yang rapih dan enak dilihat
·
Sisi negative:
·
Terlalu banyak iklan
·
Kurangnya secure system
untuk pengakses
FACBOOK
Salah satu media sosisal dengan pengguna terbesarnya
adalah Indonesia ini adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk
saling berbagi informasi via wall, chatting, photo/video sharing. Didirikan
Mark Zuckerberg pada tahun 2004, facebook adalah satu dari sekian anyak media
sosial yang saat ini masih bertahan dan masih digemari oleh penggunanya
Sisi positif:
·
Kemudahan berbagi
informasi
·
Dapat menjadi forum
diskusi untuk hal hal postif dan bermanfaat
·
Sisi negative:
·
Kadang terdapat koten
yang mengandung sara
·
Kurangnya secure system
untuk pengakses
Twitter
Tak jauh berbeda dengan Facebook, Twitter adalah salah
satu media sosial yang dapat memudahkan penggunanya untuk berbagi informasi.
Didirikan bulan juli 2006 oleh Jack Dorsey, twitter saat ini adalah salah satu
media sosial terbesar dengan pengguna yang terbilang banyak juga memiliki sisi
positif dan negative.
Sisi positif:
·
Kemudahan berbagi
informasi
·
Dapat menjadi forum
diskusi untuk hal hal postif dan bermanfaat
·
Sisi negative:
·
Kadang terdapat koten
yang mengandung sara
·
Kurangnya secure system
untuk pengakses
KaskusFJB
Salah satu subforum dari forum online pertama dan
terbesar di Indonesia ini adalah forum yang menyediakan jasa jual beli bagi
para user/non userya. Banyak barang yang dapat dijual dan dibeli mulai dari
jasa joki skripsi sampai besi tua ada di kaskusFJB. Namun ada sisi positif dan negative
dari kaskus FJB beberapa contohnya seperti.
Sisi positif:
·
Banyak Pilihan karna
barang yang dijual bervariatif
·
Harga barang dapat
dinegosiasi antara penjual dan pembeli
·
Sisi negative:
·
Masih banyak penipuan
·
Kadang barang yang
diterima tidak sesuai dengan iklan yang ada di Kaskus FJB
Youtube
Salah satu situs berbagi video terbesar di dunia yang
masih dinaungi oleh google ini adalah satu dari sekian banyak situs berbagi
video yang paling sering digunakan karena kemudahan akses dan selalu update
menjadi dayatarik sendiri bagi para penggunannya. Youtube sebagai setus berbagi
terbesar di dunia juga memiliki kekurangan dan kebihannya seperti berikut:
Sisi positif:
·
Banyak channel yang
bermanfaat seperti channel yang menampilkan tutorial
·
Kemudahan akses dari
berbagai perangkat memudahkan pengguna
·
Sisi negative:
·
Banyak konten yang
mengandung SARA
·
Boros kuota
Tidak ada komentar:
Posting Komentar