Ø PENGERTIAN DESAIN & PEMODELAN
GRAFIK
Desain pemodelan
grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata,
yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :
-- Desain : Seni terapan,
arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
-- Pemodelan : Pola/contoh dari
sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
-- Grafik : Pengungkapan dan
perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses
pencetakan.
-- Desain Grafik : Seni dalam
berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian
dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi,
tata letak dan desain interaksi.
Dalam hal ini
pun terdapar beberapa point yang menjadi unsur-unsur dalah desain dan pemodelan
grafik:
Unsur – unsurnya :
a.
Garis (Line)
b.
Huruf (Character)
c.
Bentuk (Shape)
d.
Simbol (Symbol)
e.
Bentuk Nyata (Form)
f.
Tekstur (Texture)
g.
Ruang (Space)
h.
Ukuran (Size)
i.
Warna (Color)
Ø Prinsip dan Unsur Pemodelan Grafis
PRINSIP DESAIN GRAFIS
Desain grafis
juga memiliki prinsip seperti halnya manusia, seseorang dikenal karena
prinsipnya, prinsip utama harus ditampilkan dalam sebuah desain grafis sehingga
karya tersebut komunikatif, sedangkan unsur yang lainnya ditampilkan sekedar
dan tidak mengalahkan unsur utama. Semuanya itu tergantung selera desainer
grafis, klien dan khalayak yang menjadi sasaran pesan
1.Kesederhanaan
Hal ini sangat logis
demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam
penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan
tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental
dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis
lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip
ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan
tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris.
2.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau
kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan
seimbang secara visual.
3.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
4.
Penekanan
(Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
5.
Irama
(Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua
wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada
music beruntun yang sama.
Ø Perkembangan Desain Grafik dari
Berbagai Media
Kata Desain Grafis
pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of
Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins,
seorang desainer buku Amerika. Raffe’s
Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama
yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya The signage in the London
Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis
huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Ø Pengaruh Kebudayaan & Teknologi
dalam Membuat Desain Pemodelan Grafik
Ada sebuah pengaruh
terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis.
Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu
desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,
sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak
lainnya.
Dengan semakin majunya
perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya
desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn banyak
sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Pengaruh lain dari
budaya dan teknologi dalam desain pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih
iklan harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas
social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku
seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san
perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan
lembaga penting lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar